Si tak kasat mata bicara tentang prioritas, lagi.

Huaaaaaa Alhamdulillah minggu hectic part 1 udah selesai. Iya, hari ini baru selesai ujian. Tapi bukan berarti beban ilang, masih ada ini itu dan kawannya yang menanti a.k.a hectic day part 2,3,4 & so on so on.

Test 123
Selamat malam, kamu. Dan kamu. Dan kamu.
Apa kabar hari ini?
Saya belum ngepost tentang resolusi dan segala macam hal hal yang berbau tentang tahun baru ya, sow sowreh. Tapi, kalian pasti udah kan? Udah dong.

Resolusi 2018 saya:
Melaksanakan resolusi 2017 yang sudah dirancang pada tahun 2016 dan dibayangkan sejak 2015. Ea

Ada titik titik dimana kaya ngerasa hopeless sama resolusi yang saya buat sendiri. Ngerasa kaya 'kayaknya susah', 'ah ketinggian', sampe ujungnya 'ah yaudahlah gimana nanti aja'. Heuuu dasar saya belom kuat aja sih pondasinya.

Kuat aja sebenernya, cuma banyak mau. Padahal diri kita ini ga bisa serakah mau semua yang kita planning terwujud. No, and big no.

Coba saya tanya, mana yang kamu pilih:
1. Bisa menguasai semuanya tapi dalam kategori 'biasa'
Atau
2. Mahir dalam satu bidang saja.
Pilihan ini rumit banget bagi saya. Contoh ya:
Saya perempuan, kuliah di jurusan yang memungkinkan grooming ga diperlukan saat kerja nanti. Disatu sisi saya mau juga dong kaya yang pekerja kantoran, pake heels dan make up on daaaan ga luntur karna bukan kerja di lapangan. Disatu sisi lagi saya juga harus able dikeadaan tersebut. Sisi lainnya lagi, saya ga mau ada diposisi keduanya, maunya punya bisnis cafe kek atau distro kek ya sejenis itu yang waktu dan tempat fleksibel. Ada lagi sisi lainnya yang mau buat sekolah lagi, kuliah lagi, jauuuuhh sampe ke negeri cina kalo bisa mah. Tapiiii, apa iya bisa semuanya tercapai?kan engga. Ya bisa, tapi pastiiii 1 per 1. Dan masing masing butuh waktu.

Hmmmmm
Makanya kenapa prioritas itu perlu. Kita wajib sih sebenernya buat paham dan ngerti betul mana yang sepatutnya menjadi prioritas dan didahulukan dibanding lainnya. Atau kita perlu pinter pilih slack time dimana aktifitas lain bisa disempilin jadi next period pas prioritas sudah selesai, aktifitas itu ga perlu nol banget lagi.

Nah, pertanyaannya.....gimana????
Gimana caranya coba?sementara besok pun kita ga tau yang akan terjadi kaya gimana. Ya gitulah, manusia. Bisa merencanakan aja. Kalo udah jago sih, bisalah negosiasi sama Tuhan, kalo jago. Kalo belum yaaaa pasrah.

Tapi setidaknya ya, kita berusaha buat ngerancanain apa yang mau terjadi esok. Ya itung itung berharap Tuhan setuju, jadi semua lancar.

Okeh balik lagi, gimana menentukan prioritas?
Menurut saya, sesuatu yang sukses itu memakan waktu yang lama. Ga instant. Kalo saya pribadi ngerancangnya begini: btw, ini sih versi saya ya.
1. Mapping, saya suka mapping. Saya tulis pertama kali itu apa tujuan saya. Dari situ saya perkirakan langkah langkah untuk mencapai itu.
2. Udah keliatan dari alurnya, saya prediksi mana yang bisa saya kerjakan sekarang yang bisa memudahkan tujuan saya itu.

Intinya sih alur. Kalo keinginan emang banyak banget. Tapi balik lagi target kamu sebenernya apa sih. Itu yang dijadiin tujuan. Ibaratnya ya, dari banyaknya keinginan saya tadi, sebenernya target saya simpel, 'dilihat'. Iya, saya penasaran banget apa ya rasanya 'dilihat'. Keinginan saya itu ibarat batu loncatan buat tujuan saya.

Tapi sebenernya banyaaaaakkkk banget target saya, dan itu yaaaa salah satunya. Bahahahhaa

Semangat ya gais
Hidup ini emang kadang suka gitu, ngeselin.

Comments

Popular Posts