Puing Kepercayaan diri yang ditelan Instagram

Cie malem minggu ya.
Kemana malem minggunya?
Yang di rumah aja, sini merapat. Saya dongengin tentang....oke, maunya tentang apa?

Hari ini saya merasakan lagi hal-hal yang sering saya lupakan. Kelebihan dan kekurangan diri saya yang saya sendiri sering kali suka membuat hal itu berlebihan. Both of them. Mau kekurangan ataupun kelebihan.

"Guekan ga cantik". Ini yang paling jadi andalan kepercayaan diri saya merosot sampe dengkul. Rasanya banyak banget orang cantik di luar sana. Apalagi di Instagram, setuju? Kayaknya setiap orang mukanya mulussssss kaya landasan pesawat atau bodynya beuuhhhhh, kaya gitar spanyol. Terus refleks ngeliat diri sendiri dari ujung kaki sampe ujung kepala......"Ga, gue ga banget."

Pernah ya ngerasa gitu?Oke mungkin saya doang.
But this is realllll. Rasanya kaya mereka itu mempermainkan otak saya dan otak saya mempermainkan hati saya. Awalnya liat-liat doang di instagram, abis itu otak mulai mikir kalo diri ini ga ada apa-apanya, kemudian hati ini meringis, cielah.

by the way, saya lagi mau pake bahasa yang lebih enjoy ya.

Sebenernya hal ini terjadi karna saya kurang piknik aja sih. Maksudnya kurang jalan-jalan dan melihat dunia luar. Ternyata oh ternyata, di luar sana, perempuan-perempuan cantik di instagram ga sepenuhnya mulus layaknya apa yang mereka upload. Tapi poin yang saya dapet adalah, bukan adanya manipulasi gitu. Tapi dengan adanya hal ini menandakan bahwa instagram juga memberikan efek positif untuk orang-orang yang ga semulus artis korea. Instagram membuat mereka lebih percaya diri dan seharusnya sih menjadi lebih bersyukur dengan fisik yang dipunya. In case, kita akan berusaha mewujudkan apa yang orang lain lihat di instagram-kan? Secara langsung jadi membawa diri untuk senantiasa memperbaiki. Baguskan?

Tapi buat saya yang jarang upload diri sendiri dan kebanyakan hal-hal yang ga penting, hal ini belum menjadikan poin positif. Justru membuat semakin terpuruk, bahahahaha. Tapi okei lets make it over. Jangan memperlarut hal negatif satu ini.

Suatu hari nanti, akan ada orang-orang yang membuat kita atau pun memaksa kita untuk percaya diri. Orang-orang yang tanpa sadar memberi dampak terhadap kepercayaan diri kita. Ada ga ya? Ada sih kayaknya. Saya sempet ngerasa begitu saat ngobrol sama orang-orang tertentu. Tapi ya gitu, percaya diri itu susah buat orang-orang yang ga bersyukur sebenernya. Dan buat orang-orang kaya saya, percaya diri lebih sering muncul akibat membaca tulisan orang dibanding melihat foto orang. Maka dari situ, saya prefer ke tulisan.

Balik lagi ke topik dimana banyak orang cantik yang bikin ga pede. Sebenernya cantik itu relatif, bener banget. Tapi kadang karena maraknya wanita-wanita cantik yang beredar di dunia maya, sering banget definisi cantik berubah jadi "mulus, putih, langsing atauuuuu seksi". Liat aja, sekalinya "aset perempuannya" gede aja, pasti banjir followers. Kenapa hal ini saya kategorikan cantik? Karena banyak orang yang berusaha buat ada ditahap seksi itu. Haduh, gimana ya. Masalahnya badan tuh bawaan genetik sih. Kalo orang tuanya punya gen bagus ya alhamdulillah, kalo pas-pasan tapi punya duit ya alhamdulillah, tapi kalo pas-pasan ga punya duit ya modal doa aja.

Yep, dan saya salah satunya. Saya juga kena getahnya. Kepercayaan diri saya ada di mata kaki pas ada di suatu acara yang saya yakin akan bertemu sama orang-orang (yang sebelumnya saya sempet cek dulu instagram orang-orang yang mungkin dateng) "bah". Yaudah aja untuk meminimalisir saya tutupin muka saya pake masker, bahahaha, blo'on. Tapi, aman cui, perasaan mindernya berkurang dibanding ga pake masker, karena oh karena saya ga dandan kaya yang lain, jadi yaaaa udahlah bayangin sendiri aja. Tapiiiii ternyata, pas liat orangnya, yang bisa saya ucapkan hanya "oh". Biasa aja kok ternyata, ga sebagus itu. Cuma mereka bisa menutupi kekurangan itu gitu. Mereka tau apa yang harus mereka lakuin dan bagaimana mereka harus bereaksi dengan hal itu. Dan yep, ga akan ada orang yang "ih, kok muka lo aslinya gini si?". No, ga ada. Selama kita pede, ya udah orang ga bakal nyadar kalo kamu sedang menutupi "tai kotok" hahahaha.

Dan disinilah saya, berusaha nyari puing-puing kepercayaan diri yang udah lama banget menghilang. Terakhir kali saya ngerasa percaya diri banget itu kapan ya....oh, jaman SMA. Ngerasa banget sekarang kalo dulu saya "ew", ga pernah mikirin keluar mau pake baju yang mana ya, atau pake parfum ga ya, ga deh, bedak aja saya lupa punya atau engga. Karena apa? Karena.....geli ah ini. Dulu sih karna ngerasa "udah ada yang naksir". Jadi ngerasa ga perlu buat memberi impression yang "Waw" buat lingkungan. Bodoh emang, hahahaha.

Jadi postingan unfaedah kali ini saya akhiri.
Tanpa conclusion.
Silahkan mencerna sendri intinya apa.
Btw, thankyou ya yang dulu pernah membuat saya percaya diri segitu blo'onnya.
Laf yu.
Semoga tidak selalu dan selamanya.


Comments

Popular Posts