Sttt, ini rahasia dibalik PKL, Part Time dan Freelance


Apa kabar?
Ga terasa udah tanggal-tanggal akhir bulan Maret ya.
Waktu.
Kadang rasanya lamaaa banget, tapi kadang jadi sangat cepat. Sangking cepetnya sampe kita ga sadar, “apa sih yang udah gue lakuin?”.

Hari ini saya rasanya males banget buat mengerjakan tugas-tugas. Rasanya letih banget badannya. Jiwa. Raga. Hati. Semua deh. Ga karuan rasanya. Ada bagian yang ngerasa “ya ampun lelah banget, kapan selesainya?” atau ada juga “kalo gue gini aja ngeluh, besok mau jadi apa” dan yin and yang lainnya yang berantem di dalam badan ini.

Saya penasaran. Besok saya bakal jadi apa. Dan jawabannya cuma waktu yang tau. Dan waktu adalah salah satu hal yang ga bisa kita prediksi. Ga bisa kita tanya. Ga bisa kita duga-duga. Bahkan ya, misalkan kita meniru kebiasaan orang lain pun, hal itu ga bisa ngejawab bahwa besok kita bakal jadi apa. Menurut saya. Tapi ada yang pendapatnya merasa bahwa kalo kita mengikuti seseorang yaaa ga beda jauhlah nanti hasilnya. Padahalkan dunia ini terus berubah ya?ga Cuma saya. Tapi semua. Jadi gimana caranya bisa menyamakan hal lalu dan hal kini? Aneh. Tapi isoke, namanya demokrasi.
Selanjutnya saya mau berbagi pengalaman. Tentang Praktek Kerja Lapangan (PKL), Part Time Job, Freelancer. Karena bulan maret merupakan bulan yang mendekati masa-masa mahasiswa merasakan hal-hal tersebut, menurut saya. Bulan-bulan gempar mikirin dimana ya harus apply lamaran?

Pertama-tama, peraturannya adalah, setiap orang atau bahkan setiap universitas atau bahkan perusahaan, mempunyai aturan masing-masing jadi ga bisa disamakan ya. Tapiii setidaknya kalian yang baru mulai ada bayangan nih, apa sih yang bakal dilakuin? Dan yep, sepertinya akan sangat panjang mengingat saya akan curcol……bhay.

Kenalan dulu deh, saya kuliah di salah satu politeknik negeri di Jakarta jurusan teknik sipil dan penjurusannya manajemen konstruksi dan sudah berada di tingkat akhir. Di tempat saya, PKL itu dilaksanain di semester 7. Peralihan dari semester 6 ke 7 gitu. Jadi ga ada lagi yang namanya libur panjang. terakhir kali ngerasain libur panjang tuh semester satu doang, fyuh.

Pkl sendiri merupakan salah satu syarat kelulusan di tempat saya. Kalo di tempat lain mungkin bisa jadi mata kuliah atau bisa jadi emang iseng aja ngisi waktu luang. Atau mungkin bahasanya ada yang magang. Tapi kalo menurut saya, magang dan pkl itu dua hal yang berbeda. Kalo magang, menurut saya, secara tidak langsung kita dalam masa training dan pastiii dapet uang, entah itu uang jajan, uang transport, uang makan atau emang di gaji. Nah kalo pkl, jangan berharap di bayar. Bahkan ga jarang kita yang mengeluarkan uang buat ngasih ucapan terima kasih. Tapi ga sedikit juga perusahaan yang baik yang ngasoh uang transport ke mahasiswa pkl. Balik lagi sih, untung-untungan. Dan tahap pertama ngajuin pkl itu, kamu harus tau mau ke perusahaan apa, setelah itu, ada beberapa perusahaan yang bakal nempatin kamu ke daerah tertentu tapi ada juga yang nanya “kamu mau di proyek yang mana”. Jadi biar ga bolak-balik, cari aman aja dari awal udah ke struktur mau apa dan dimana. Ajuin surat pkl itu gampang-gampang susah, kalo di kampus sih ya inshaallah di bantu. Tapi di perusahaan itu, kadang kamu bakal dilempar kesana-sini dan kadang baik langsung di acc. Tapiiii, kalo mau lebih gampang, cari kenalan orang dalem. Ini sih emang cara cepet. Waktu yang diperlukan buat acc kamu diterima pkl disitu atau engga itu sekitar…..ya beda-beda sih, pokoknya ga langsung dapet jawaban. Kadang ada yang nolak “udah kebanyakan anak pkl” atau “lagi ribet” dan kawan-kawannya. Tapi balik lagi, kalo ada kenalan orang dalem, ya sekitar dua minggu juga dapet acc bahkan sampe jadwal kamu harus kesana lagi untuk ambil surat balasan.

Kalo udah dijawab dan udah tau kapan harus balik lagi, yang kamu harus siapin adalahhhh apa aja yang mau kamu dapet selama pkl, dibikin jadwal tuh selama pkl itu mau ngapain aja setiap harinya. Karena ada yang harus begitu, ada juga yang diarahin “kamu hari ini begini ya”. Tapi enakan sih kalo kita tau apa yang mau kita dapet, jadi fokusss. Dan yep, ada juga yang selama pkl Cuma duduk-duduk aja kaya tamu. Ya itu seaktifnya kamu aja sih, kalo ngerasa kepo ya tanya, ikut. Tapi jangan sampe ngerepotin, basa basi laaa. Sambil pkl, proposal sambil dikerjain, jadi selesai pkl tinggal revisi deh. Itu sih saran saya ya. Dan selamat bercanggung ria di awal dan merasakan keakraban di akhir. Begitu kan hidup? Awalnya malessss banget, giliran udah mau kelar “kok udahan sih?”

Selanjutnya part time job. Pengalama saya part time job itu baru sekali sih. Jadi ga akan banyak yang saya ceritain. Yang jelas, cari part time job sesuai dengan passion kamu. Tujuan kamu ngelamar part time tuh buat apa. Emamg niat nyari duit tambahan, emang Cuma ngisi waktu luang, atau apa. Pokoknya jelas deh. Karena di tengah perjalanan kamu bakal banyak ngeluh, dan niat niat awal itu lah yang akan mengingatkan kamu kenapa kamu ada di posisi itu. Namanya juga belom pernah kerja ya, nanti bakal ketemu sama yang namanya atasan, saingan, kawan dan semacemnya. Kuat-kuat batin, karena hidup itu keras. Nyari kerja itu gampang, nyari duit yang susah. Kenapa? Karena, untuk part time ya, kalo kamu mau dapet uang banyak, ya kamu harus merelakan waktu kamu, kalo kamu mau dapet pengalaman banyak, ya kamu harus merelakan gaji (dikit). Kalo mau dapet uang banyak dan pengalaman banyak? Ga usah part time, kerja aja itu mah. Kalo part time, kita harus tau bener kapasitas diri kita. Ibaratnya, saya kuliah, tugas lagi bejibun-bejibunnya, dan part time itu biasanya ada minimal jamnya tiap minggu. Jadi gimana caranya saya membagi waktu anatara kuliah, nugas, part time, keluarga dan me time ah sama family time. Susyahhh. Apalagi kadang gaji yang kita dapet itu ga sebanding, rasanya kaya berattttt banget. Belom lagi kerjaan yang ga setiap hari itu gampang. Semangat deh ya.

Dan selanjutnya freelancer. Jadi freelancer ini gampang-gampang susah. Yang susah adalah kalo kamu kuliah lagi ngerjain skripsi, terus kamu part time dan kamu ambil freelance. Bunuh saja hayati bang. Tapi ya gitu. Kadang kita ngerasa capeekkkk dan hasilnya (gaji) ga seberapa, ibaratnya mau beli ini itu aja mikir dulu cukup apa engga, dan kalo dibandingin sama yang lain, adaaa aja yang kaya gampang gitu dapet uang buat beli ini itu. Iri sih, tapi bisa apa? Diem pun ga menghasilkan. Jadi nikmatin aja, toh pengalaman. Kalo jadi freelancer itu, kamu harus tau kapasitas kemampuan kamu tuh apa, apa yang kamu tawarkan untuk konsumen. Dan menurut saya, jadi freelancer pas masih mahasiswa jangan mangkak mangkak deh masalah gaji, sadar diri aja, tapi balance dengan usaha yang kita keluarkan. Orang tau dari mana kita buka jasa freelancer? Nah kalo ini biasanya dari mulut ke mulut. Ketika kamu punya suatu keahlian, ga harus mahir, cukup bisa aja, jangan sungkan buat berbagi sama orang, dengan berbagi, dia akan ngerasa kita mampu dan nanti kalo ada apa-apa bisa minta tolong. Kalo misalkan emang belom mahir, ya jujur aja “saya baru pertama kali, jadi masih butuh bimbingan”. Karena rata-rata yang membutuhkan freelancer itu ya mereka yang membutuhkan jasa. Contoh ya”masukin data” atau buat laporan atau gambar-gambar.

Jadi yaaaa sepanjang itu pengalaman saya. Semoga bisa memberi gambaran buat yang baru mau mulai ya. Yang gamau mulai, jadi kapan mau mulai?besok udah waktunya beneran nge”job”. Karena waktu ga datang sendiri tapi kita yang buat. Dan ada banyak yang bilang uang bukan segala-galanya. Kadang kita bakal mikir “gajinya kecil banget” tapi kalo nyatanya pengalaman itu yang kamu cari dan sangat kecil kemungkinannya kamu temukan di tempat lain, why not? Karena kesempatan ga datang dua kali. – dan kalo datang ke dua kali, maka yang ke dua ga akan sebaik yang pertama.

Selamat menempuh perjalanan-perjalanan yang sangat melelahkan.
Semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung.
Lafyu.



Comments

Popular Posts