Industrial Academia Collaboration Indonesia-Taiwan


Tahun 2019 menjadi tahun pertama terlaksananya program Industrial Academia Collaboration Indonesia-Taiwan. Program yang disponsori oleh Kemenristekdikti ini menjadi salah satu program yang menjadi titik terang bagi para mahasiswa lulusan Diploma III. Pasalnya, program ini mencangkup program lanjutan jenjang dari DIII menuju Sarjana dengan waktu studi tambahan 3 tahun. Waktu studi tersebut terdiri dari 1,5 tahun pendidikan perkuliahan dan 1,5 tahun program internship.
Meskipun kurun waktu yang diperlukan untuk mencapai sarjana cenderung lebih lama dibanding dengan waktu yang diperlukan jika melanjutkan studi di Indonesia, namun program ini dirasa memiliki prospek yang baik untuk para mahasiswa Diploma III khususnya yang berasal dari Politeknik Negeri di seluruh Indonesia.
Program ini mencakup beasiswa parsial yang mana dananya disponsori dari Kemenristekdikti dan Pemerintah Taiwan yang dananya sudah dianggarkan pada masing-masing universitas sebagai dana bantuan untuk mahasiswa internasional. Beasiswa tersebut pun berbeda-beda jumlahnya tergantung dengan kebijakan Universitas tujuan, namun dari Kemenristekdikti jumlah yang diberikan tetap disamakan untuk setiap mahasiswa.
Saat ini, universitas yang sudah bekerja sama dalam program ini yaitu:

No alt text provided for this image
Dengan mahasiswa yang berjumlah tidak lebih dari 25 orang di setiap program. Mahasiswa tersebut dipilih berdasarkan seleksi yang dilakukan melalui tahapan-tahapan. Tahapan tersebut berupa, seleksi dari masing-masing jurusan di Politeknik asal, kemudian nama-nama mahasiswa yang terpilih diajukan oleh Politeknik asal kepada Kemenristekdikti, selanjutnya mahasiswa-mahasiswa pilihan Kemenristekdikti menjalani proses seleksi yang dilakukan bersama-sama dengan perwakilan dari Universitas tujuan.
Dalam berjalannya program ini, banyak hal yang menjadi kendala mengingat program ini adalah batch pertama, sehingga banyak ditemukan trial and error dalam pengurusan dokumen dan keberangkatan.
Sampai dengan tulisan ini dibuat, program Industrial Academia Collaboration (IAC) ini sudah berjalan selama 3 bulan. Meskipun kedatangan mahasiswa sempat terlambat 6 minggu dikarenakan adanya hambatan dalam pengurusan dokumen di Indonesia, namun kegiatan ini masih berjalan dengan baik dan sanggup mengikuti ketertinggalan selama kurun waktu tersebut.

No alt text provided for this image
Salam dari kami, mohon doanya agar program ini bisa terselesaikan dengan baik. Dan juga untuk batch selanjutnya, selamat bertemu di semester baru!加油!

Comments

Popular Posts